counter code √ 7 Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh Menyehatkan

7 Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh Menyehatkan

Urusan kesehatan memang nomor satu untuk semua orang. Banyak orang memilih menjaga kesehatan mereka dengan seringnya melakukan medical check up, sebagian lagi memilih untuk mengkonsumsi ramuan – ramuan herbal. Ramuan herbal yang dikonsumsi pun bukan ramuan sembarang. Melainkan ramuan yang berasal dari berbagai macam tanaman. Salah satunya dalah daun kelor. Daun kelor memiliki banyak khasiat dan kegunaan. Anda bisa menjadikan daun kelor sebagai teh. Bagaimana cara mengolah daun kelor menjadi teh? Ternyata prosesnya tidak serumit yang anda bayangkan. Anda bahkan bisa mencobanya sendiri di rumah. Seperti apa caranya? Simak informasinya berikut ini.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh

Cara mengolah daun kelor menjadi teh :

1. Proses pemilihan
Pilihlah daun kelor yang paling hijau dan terlihat agak sedikit kekuningan. Anda bisa memetiknya sesuai dengan jumlah yang anda inginkan. Sedikit atau banyak, terserah keinginan anda.

2. Proses pencucian
Setelah anda pilih dan petik, cucilah dengan air mengalir hingga bersih dan tak ada satu kotoran pun yang tertinggal.

3. Proses pengeringan
Selesai dicuci, anda keringkan daun kelor di tempat yang tidak langsung mendapatkan sinar matahari. Mengapa? Hal ini dikarenakan cahaya matahari langsung bisa mengurangi kandungan dari daun kelor. Proses ini biasanya berlangsung 4 – 5 hari.

4. Proses penghancuran
Setelah daun kering, anda bisa langsung memulai tahap atau proses penghancuran. Letakan wadah yang diatasnya terdapat saringan. Goyangkan saringan, agar kotoran – kotoran sisa pengeringan bisa hilang, lalu anda bisa menumbuk daun – daun kelor tersebut dengan alat bantuan atau dengan tangan anda sendiri.

baca juga : cara tes kehamilan dengan pasta gigi dan sabun

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh Alami

5. Proses penghangatan
Sudah hancur daun – daunnya, anda harus taruh lagi daun itu ke nampan atau tray datar. Tempatkan nampan ini atas kompor atau tungku selama3 – 5 menit atau sampai daunnya terlihat lebih kering agar mencegah tumbuhnya jamur.

6. Proses penyimpanan
Selesai proses penghangatan, anda bisa diamkan dulu sebentar. Setelah itu anda dapat masukkan daun – daun tadi ke dalam toples kaca yang bertutup rapat.

7. Proses pembuatan
Nah, bila anda ingin membuat teh daun kelor, anda cukup mengambil dua sendok daun kelor lalu siram dengan air mendidih. Rasanya memang getir, namun khasiatnya sudah terbukti. Anda bisa juga menambahkan madu atau gula ke dalam teh anda.

Yang perlu anda ketahui, daun kelor memiliki khasiat antara lain mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes. Membantu tubuh anda tetap langsing. Dan masih banyak khasiat lainnya lagi. Semoga informasi kami mengenai cara mengolah daun kelor menjadi teh ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah membaca tulisan kami.